SUPERNOVA

      Judul lengkap novel ini adalah Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh. Novel karya Dee, diterbitkan oleh Truedee Books, Bandung, cetakan pertama: Februari 2001; cetakan kedua: Maret 2001; cetakan ketiga: April 2001; cetakan keempat:Juni 2001,tebal 219 halaman.
      Di bawah judul kulit muka buku ini dinyatakan bahwa novel ini bestseller. Pada bagian awal buku disajikan "Cuap-cuap Penerbit", "Cuap-cuap Penulis", daftar isi, yang setiap bagiannya dinyatakan sebagai keping-keping. Misalnya: ''Keping I:Yang Ada Hanyalah ADA"; "Keping 2: Kesatria"; "Keping 3: Keresahan yang Terabaikan"; Keping 4: "Puteri"; dan seterusnya sampai "Keping 33: Segalanya Ada Padamu". Novel ini disertai catatan kaki, bibliografi, dan indeks, serta iklan hilangnya seekor anjing, disamping komentar nonpakar dan komentar pakar terhadap novel ini.
      Bambang Sugiharto mengatakan bahwa novel ini merupakan sebuah petualangan intelektualyang menerabas segala sekat disipliner; semacam perselingkuhan visioner yang mempesona antara fisika, psikologi, religi, mitos dan fiksi. Novel ini tidak hanya menggoda, tetapi juga penting. Arswendo Atmowiloto mengomentari novel ini sebagai sebuah karya yang kehangatanya menyengat. Novel ini unik, baru dan memukau. Jakob Sumardjo mengatakan bahwa novel ini menarik, merupakan karya sastra intelektual bergaya  pop art yang sesungguhnya bermain di dunia hakiki; menentang nilai-nilai lama dengan mengajukan argumentasi-argumentasi baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

search

About

Seluk Beluk Sastra