AOH K. HADIMADJA

Aduh lapar!!!!! Ya lah lapar orang lagi puasa..hehe..
Mungkin kalian juga merasakan hal yang sama dengan apa yang saya rasakan sekarang,lapar tentunya. Ya oleh karena itu kalau orang sunda bilang ''tambih kesel'' atau kata lainnya ''daripada jenuh'' maka saya akan bahas sedikit tentang sesorang yang tentunya seseorang tersebut memiliki keterkaitan dengan sastra.

AOH K.HADIMADJA

Kenal dengan nama tersebut? Atau masih asing ditelinga?
Saya yakin mungkin sebagian dari kalian telah mendengar atau bahkan mengetahui tentang seseorang tersebut dan saya yakin pula masih banyak dari kalian yang tidak mengenal dan tidak mengetahui tentang beliau,dan masih asing ditelinga bukan?
Langsung saja saya tidak akan berlama-lama dan tidak akan bertetele karena itu dapat menyebabkan serangan jantung impotensi dan..eh kok malah ngaco ya....hehe.. Berikut Profil singkat beliau..

Beliau seorang penulis yang dilahirkan di Bandung,tanggal 15 September 1911,dan meninggal di Jakarta pada tanggal 17 Maret 1973. Pendidikan terakhir MULO. Beliau pernah bekerja di perkebunan Parakan Salak (Sukabumi),Pusat Kebudayaan,Balai Pustaka,kemudian Mimbar Umum (Medan,1950-1952),Sticusa Amsterdam(1952-1956),dan terakhir di BBC London Seksi Indonesia (1956-1970).
Pada tahun 1972 beliau menerima anugerah Seni dari pemerintah RI. Beliau merupakan adik kandung dari sastrawan Achdiat Karta Mihardja (Kenal dengan beliau? bagi yang  belum bisa baca pada postingan sebelumnya). Beliau menulis dalam bentuk kumpulan sajak,kumpulan cerpen,novel dan kajian sastra. Selain itu ia juga menjadi editor untuk buku referensi. Berikut beberapa karya beliau :
- Zahra (kumpulan sajak , 1950)
- Beberapa Paham Angkatan 45 (Ed., 1952)
- Pecahan Ratna (kumpulan sajak,1952)
- Manusia dan Tanahnya (kumpulan cerpen,1952)
- Seni Mengarang (studi/kajian,1971)
- Aliran Klasik Romantik, dan Realisme dalam Kesusastraan (studi/kajian,1972)
- Poligami (kumpulan cerpen,1972)
- Darah Terhamparlah Darah yang Kuning Laut yang Biru...(Novel,1975), dan
- Sepi Terasing(novel,1977)

Sekian profil singkat beliau. Saya kasih bonus sebuah pantun...hehe

Banyak agama aliran sesat
jangan sampai kita terpengaruh
semoga infonya bermanfaat
Assalamualaikum Warahmatullohi wabarakatuh....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

search

About

Seluk Beluk Sastra